Rabu, 14 Oktober 2015

STMIK Bumigora Mataram

Sejarah



Komputer adalah produk teknologi untuk membantu  menyelesaikan proses dengan tingkat kecepatan, keakuratan, dan kecermatan tinggi. Teknologi informasi sebagai teknologi yang memanfaatkan komputer dalam segala bentuk sehingga meningkatkan kegiatan (aktifitas) dari suatu kegiatan disegala bidang. Ilmu komputer merupakan kebutuhan yang mendesak untuk segera dipelajari dan dikembangkan.Salah satu wujud   realisasinya adalah melalui pendidikan formal.

Tantangan tersebut segera dijawab dengan didirikanya “ Yayasan  Pendidikan Eksekutip Komputer”  Akte Notaris Nomor : 39 tanggal 26 September   1987 dihadapan Notaris Abdullah, SH. di Mataram, diikuti dengan berdirinya Perguruan Tinggi Komputer dengan nama Sekolah Tinggi Teknologi Komputer Bumigora (STTK Bumigora).
Gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi tersebut sesungguhnya telah dirintis sejak tahun 1987, namun karena ada kebijaksanaan baru  mengenai Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) oleh Dirjen Dikti No. 2834/D/T/1987, tanggal 26 September 1987 dan Nomor : 086a/D/T 88, tanggal 16 Januari 1988, rencana tersebut tertunda dan baru dapat diwujudkan dalam tahun akademik 1989/1990 atas  dasar :
  1. Surat Petunjuk dari Kopertis Wilayah VIII, Nomor : 117/Kop.8/N/1989 tanggal 11 Mei 1989 perihal Pendirian PTS Baru.
  2. Rekomendasi Gubernur Kepala daerah Tingkat I Propinsi NTB Nomor : 421.4/873/008 tanggal 15 Juni 1989
  3. Rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat II Lombok Barat Nomor : 425.12/563 tanggal 26 Juni 1989.

Keberadaan lembaga pendidikan STMIK Bumigora tersebut kemudian semakin dimantapkan lagi dengan dikeluarkannya surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan melalui Koordinatir Perguruan tinggi swasta (KOPERTIS) Wilayah VIII yang memberi status terdaftar untuk jenjang studi Strata 0 (S0) program studi Diploma tiga (D3) Manajemen Informatika, berdasar surat keputusan nomor 0390/O/1991 tertanggal 22 Juni 1991 sekaligus merubah nama Sekolah Tinggi Teknologi Komputer (STTK) menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bumigora Mataram. Beberapa waktu kemudian, yaitu tanggal 8 Januari 1992 dengan surat keputusan nomor 026/O/1992, program diploma tiga (D3) Teknik Informatika mendapat status Terdaftar.
Memperhatikan sistem pengelolaan kedua program studi tersebut dinilai cukup baik, STMIK Bumigora diperkenankan pula untuk menyelenggarakan jenjang studi Strata Satu (S1) program studi Teknik Informatika dengan status Terdaftar berdasarkan surat keputusan nomor 608/DIKTI/EP/1993 tertanggal 23 Nopember 1993. Serta menunjuk surat dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi nomor 699/D4.II/1998 perihal penyelenggaraan Program D2 dan D1, sejak tahun Akademik 1998/1999 STMIK Bumigora Mataram membuka jenjang pendidikan D1 dan D2 Manajemen Informatika Komputer dengan status Terdaftar.
Sebagai perguruan tinggi yang taat pada peraturan pemerintah dan undang-undang tentang pendidikan tinggi, STMIK Bumigora secara tertib melaporkan laporanEPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) ke Direktorat Pendidikan Tinggi, serta melakukan perpanjangan program studi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. STMIK Bumigora juga sangat memperhatikan standar kualitas perguruan tinggi yang telah ditetapkan DIKTI dengan mengajukan akreditasibagi program studi S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Informatika, dan D3 Manajemen Informatika.  Program Studi S1 Teknik Informatika telah terakreditasi dengan nilai C dengan nomor SK  015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007 tertanggal 10 Juli 2007. Program Studi D3 Teknik Informatika dan D3 Manajemen Informatika telah terakreditasi dengan nilai C dengan nomor SK 024/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/I/2009 tertanggal 10 Januari 2009.
Pada bulan November 2009, STMIK Bumigora memperoleh sertifikat internasional ISO 9001:2008 untuk Pengelolaan Akademik dari Badan Sertifikasi Internasional UKAS-URS yang berpusat di London Inggris. Ke depan STMIK Bumigora bertekad untuk meningkatkan Akreditasi agar mutu penyelenggaraan pendididkan dan mutu lulusan dapat lebih diakui oleh masyarakat.
Sebagai perguruan tinggi yang ternama di Kopertis Wilayah VIII (Bali, NTB, dan NTT), STMIK Bumigora telah dipercaya untuk menerima hibah dari berbagai sumber yaitu : Hibah TPSDP ADB Loan pada tahun 2001 dari Asian Development Bank , Hibah Kompetisi Peningkatan Mutu Pendidikan (PHK-PMP) dari DIKTI pada tahun 2006 untuk penguatan Laboratorium Multimedia dan Laboratorium Jairngan Komputer,Hibah Kompetisi PHK TIK K3dari DIKTI pada tahun 2007 untuk membangun jaringan STMIK Bumigora dan INHERENT (Indonesian Higher Education Network), serta pada tahun 2010 memperoleh Hibah MS-IPTEKS untuk penguatan pengelolaan sumber daya IPTEKS perguruan tinggi dan Hibah PHP-PTS untuk pembinaan perguruan tinggi swasta.
STMIK Bumigora terlibat aktif di dalam berbagai program pemerintah seperti sebagai provider (pelaksanan) Program Diploma III Teknik Komputer dan Jaringan (PJJ D3TKJ) yang berada dibawah SEAMOLEC serta telah memperoleh status sebagai Local Academy untuk Java Education Network Indonesia (JENI) dan Cisco Computer Network Administrator (CCNA).Disamping itu STMIK Bumigora berperan aktif dalam merancang e-Government NTB, melalui Asosiasi Masyarakat Telematika NTB yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah NTB.

Visi Misi

VISI
Menjadi perguruan tinggi unggulan yang berstandar internasional berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Kawasan Timur Indonesia.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam iptek dan imtaq, berjiwa wirausaha, dan berdaya saing global.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung pembangunan nasional.
  3. Mengembangkan manajemen perguruan tinggi yang bermutu menuju Good University Governance (GUG).

TUJUAN
  1. Terciptanya lulusan yang berkualitas, kreatif dan inovatif terhadap perkembangan  teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan dan berdaya saing global, bermoral tinggi, berjiwa wirausaha serta mampu mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas dalam segala aspek kehidupan.
  2. Meningkatnya penelitian yang inovatif dan kreatif untuk dapat menguasai dan mengembangkan iptek yang dapat mendukung pembangunan nasional.
  3. Meningkatnya publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembangunan nasional khususnya di kawasan timur Indonesia.
  5. Terwujudnya Good University Governance.


Pengelola

STMIK Bumigora Mataram dipimpin oleh seorang Ketua dan dibantu oleh Pembantu Ketua I dan Pembantu Ketua II, serta Pembantu Ketua III. Terdapat 2 program studi Teknik Informatika, dan Manajemen Informatika yang dikepalai oleh Ketua Jurusan. Dalam mengelola perguruan tinggi pimpinan diawasi oleh TimMonitoring dan Evaluasi Internal (MONEVIN) dan Yayasan Pendidikan Eksekutip Komputer (YPEK). Koordinasi antar pimpinan dilakukan secara rutin setiap Jumat dan sewaktu waktu yang bersifat insidentil.


Struktur Organisasi

Struktur Organisasi STMIK 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar